Senin, 20 September 2010

Speaker Komputer Tidak Mengeluarkan Suara

Komputer memang merupakan kebutuhan yang cukup lengkap. Fasilitas yang bisa didapat pada komputer selain sebagai sarana untuk membantu pekerjaan, komunikasi, bahkan juga merupakan sebuah hiburan yang sangat lengkap.

Dari komputer Anda bisa memainkan game baik itu game online maupun game offline, selain itu juga Anda bisa menyaksikan film atau sekedar mendengarkan irama musik sambil melakukan suatu pekerjaan.

Namun apa yang terjadi apabila film kesukaan Anda, musik kesukaan dan game favorit Anda yang dimainkan pada komputer tidak dapat mengeluarkan suara alias bisu, tentu sangat menjengkelkan karena menonton film tanpa suara adalah mustahil, memainkan musik tanpa suara juga mustahil meskipun memainkan game bisa saja tanpa suara, akan tetapi alangkah lebih baiknya bila game yang dimainkan bisa mengeluarkan suara sehingga terasa nyata oleh pemain game tersebut.

Kemudian selanjutnya bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut agar game, musik dan film pilihan Anda bisa dimainkan pada komputer atau laptop? Maka sebaiknya perhatikan beberapa langkah berikut untuk mencaritahu kesalahannya.

Speaker

Pertama kali yang harus di cek adalah konektor kabel audio yang terpasang antara speaker dan Central Processing Unit (CPU) yang terpasang pada kartu suara (audio card).

Pada audio card standard ada tiga buah lubang konektor yaitu biru sebagai Line In, hijau sebagai Speaker Out dan ungu atau merah sebagai Mikrofon. Pasangkan kabel dari speaker sesuai dengan warna yang ada pada audio card.

Langkah berikutnya adalah pastikan bahwa speaker aktif Anda sedang dalam keadaan ON, dan bisa semua itu belum juga menyelesaikan masalah, maka langkah berikutnya adalah masuk ke device manager, dengan cara klik kanan pada my computer dan pilih propertis kemudian klik hardware-device manager atau bisa juga dengan cara klik Start-Control Panel, System, Hardware kemudian pilih Device Manager.

Perhatikan pada Sound, Video and Game Controllers, apakah anda tanda seru (!) atau tanda tanya (?) apabila terdapat salah satu tanda tersebut maka sudah dipastikan bahwa sound card tersebut tidak sesuai dengan driver yang terinstall pada sistem operasi Anda, lakukan installasi driver ulang sesuai dengan sound card Anda.


Perlu diingat bahwa apabila sound card yang ada di komputer anda adalah sound card on board maka driver yang digunakan adalah driver mainboard. Sedangkan sound card yang terpasang pada komputer Anda adalah sound card yang berdiri sendiri. Maka biasanya pada saat pembelian sound card diperoleh sebuah piringan compact disk (CD) yang didalamnya tersimpan driver sound card. Gunakan cd driver aslinya untuk installasi driver hingga tanda seru maupun tanda tanya tidak muncul kembali pada device manager.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar